Senin, 15 April 2013

Home » 5 Tips Keramas Untuk Mencegah Kerusakan Rambut

5 Tips Keramas Untuk Mencegah Kerusakan Rambut

,
Kerusakan rambut bukan hanya disebabkan oleh pewarnaan atau pelurusan rambut. Cara keramas yang salah bisa berdampak pada timbulnya ketombe, rambut berminyak, kulit kepala gatal, rambut mudah patah dan gampang rontok. Semua orang memang bisa mengeramasi rambut sendiri di rumah. Namun bila cara yang dilakukan salah, akibatnya rambut cepat rusak. Rambut dianggap sebagai mahkota wanita karena penampilan anda yang cantik dan menawan juga ditunjang dengan rambut yang sehat, kuat dan berkilau. Sebenarnya keramas cukup mudah untuk dilakukan, hanya saja anda perlu tahu aturan yang tepat agar rambut selalu sehat sepanjang waktu.
Berikut tips bagi anda yang ingin mencegah kerusakan rambut dengan cara keramas yang benar:
  1. Jangan Menyisir Rambut Basah: Saat anda telah selesai mengeramasi rambut, tunggu rambut hingga setengah kering bila ingin menyisir rambut. Rambut yang basah mudah sekali patah dan rontok saat disisir. Jadi anda perlu bersabar bila ingin merapikan rambut. Selain itu keringkan rambut dengan diangin-anginkan saja daripada menggunakan hair dyer yang bisa membuat rambut kepanasan. Bila rambut sudah setengah kering, gunakan sisir dengan gigi jarang untuk merapikan rambut supaya tidak kusut. Lakukan dengan hati-hati bila anda tak ingin terjadi kerontokan parah.
  2. Pijat Kulit Kepala: Kulit kepala yang rileks membuat rambut lebih sehat dan kuat. Banyak orang tak tahu bahwa dengan meluangkan waktu sekitar 10 menit saja untuk memijat kulit kepala saat keramas, anda bisa menghindari kerusakan rambut yang parah. Pemijatan yang dilakukan perlahan-lahan ini ampuh untuk melancarkan peredaran darah. Rambut yang kuat langsung dari akarnya mengurangi kerontokan rambut sehingga anda bisa memiliki rambut panjang yang indah dan menawan.
  3. Keramas Untuk Membersihkan Kulit Kepala: Kemilau rambut akan tetap terjaga bila anda lebih fokus untuk membersihkan kulit kepala daripada bagian rambut itu sendiri. Cuci kepala anda secara menyeluruh sehingga sebum, minyak dan ketombe bisa luruh sempurna. Ketombe yang menempel terlalu lama pada kulit kepala bisa merujuk pada kerusakan rambut.
  4.  Kondisioner Dari Tengah Rambut Hingga Ujung: Masih banyak orang yang salah saat menggunakan kondisioner setelah selesai keramas. Tujuan utama penggunaan kondisioner adalah untuk merawat dan melindungi batang rambut dari kerusakan. Jadi anda tak perlu mengoleskan kondisioner pada kulit kepala karena justru bisa menimbulkan ketombe bila anda tidak bersih membilasnya.
  5.  Gunakan Air Dingin: Usahakan untuk selalu membilas rambut dengan menggunakan air dingin jika ingin menghindari kerusakan rambut. Air panas bisa membuat rambut rusak karena kepanasan. Akibatnya warna alami rambut bisa memudar.

Source : infounixs.blogspot.com/2013/04/5-tips-keramas-untuk-mencegah-kerusakan.html